Sunday, June 2, 2024

Doa Ruqyah Untuk Diri Sendiri

:: Hadis 1 ::
dari ‘Ustman bin Abi al-‘As̄ yang pernah mengadu kepada Rasulullah ﷺ perihal sakit yang ada pada jasadnya semenjak dia memeluk Islam. Lalu Rasulullah ﷺ berkata kepadanya: “Letakkan tanganmu di tempat sakit kemudian baca 3 kali:

بِاسْمِ اللَّهِ
Bismillah
(Dengan nama Allah)

Dan baca 7 kali:

أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ
A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uẖaadzir
(Aku berlindung dengan Allah dan kekuasaan-Nya dari kejahatan/keburukan yang aku dapati dan aku takuti)”.
(HR. Muslim,no.2202)

:: Hadis 2 ::
dari Abu Sa’id,dia berkata,
“Jibril datang kepada Nabi ﷺ lalu berkata: ‘Ya Muhammad,apakah engkau sakit?’ Jawab Baginda: ‘Ya’. Lalu Jibril membacakan:
بِاسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ مِنْ كُلِّ شَىْءٍ يُؤْذِيكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنِ حَاسِدٍ اللَّهُ يَشْفِيكَ بِاسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ
Bismillahi arqika, min kulli syai-in yukdzika, min syarri kulli nafsin aw ‘aini hasidin, Allahu yasyfika, bismillahi arqika
(Dengan nama Allah, aku meruqyahmu dari segala sesuatu yang mengganggumu dari kejahatan setiap jiwa dan pengaruh ‘ain. Dengan nama Allah aku meruqyahmu).”
(HR. Muslim,no.2186)

NOTA:
Jika ingin meruqyah diri sendiri,maka kata ganti namanya ditukar menjadi:
بِاسْمِ اللَّهِ أَرْقِ نَفْسِ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِينِ مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنِ حَاسِدٍ اللَّهُ يَشْفِينِ بِاسْمِ اللَّهِ أَرْقِ نَفْسِ
Bismillahi arqi nafsi, Min kulli syai-in yuk-dzini, Min syarri kulli nafsin aw 'aini ẖasidin, Allahu yasyfiini, Bismillaahi arqi nafsi
(Dengan nama Allah aku meruqyah diriku dari segala sesuatu yang mengganggumu dari kejahatan setiap jiwa dan pengaruh ‘ain. Dengan nama Allah aku meruqyah diriku)

No comments:

Post a Comment